Bagaimana tampilan barunya? Yuk, isi kuesionernya disini.

HomeBerita25 Siswa Dojo MAN 1 Tegal Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat yang di Selenggarakan INKAI Kab. Tegal

25 Siswa Dojo MAN 1 Tegal Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat yang di Selenggarakan INKAI Kab. Tegal

Slawi – Anggota ekstrakurikuler karate MAN 1 Tegal yang berjumlah 25 siswa mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) di Brigif 4 Dewa Ratna, Slawi, Minggu (20/10). Kegiatan ini diikuti oleh ratusa siswa dari berbagai dojo sesuai tingkatan sabuk, mulai dari sabuk putih hingga sabuk biru.

Pembina Karate MAN 1 Tegal, Wirna Fuji, mengatakan bahwa ujian kenaikan tingkat digelar enam bulan sekali dan ujian tersebut sebagian bagian dari evaluasi selama mengikuti karate.

“Ini bagian dari pembinaan mental dan karakter. Tidak hanya menghafal jurus atau kata saja, tetapi memupuk mental agar lebih percaya diri. Olahraga karate ini baik bagi perkembangan fisik dan mental serta spiritual anak.,” katanya.

Mereka yang mengikuti UKT, lanjut Wirna, berasal dari berbagai pemegang sabuk. Ada beberapa tingkatan sabuk dalam ujian kenaikan tingkat ini. Yakni putih ke kuning, kuning ke hijau, hijau ke strip biru satu, biru ke sabuk coklat yang memiliki 3 tingkatan, kemudian tingkatan sabuk tertinggi yakni sabuk hitam yang memiliki 9 tingkatan.

“Karena ini UKT, kalau benar tidak menguasai ya tidak lulus. Kami minta untuk mengulang lagi, jadi nggak asal terima sabuk,” ucap Wirna.

Syifa, salah satu peserta UKT mengungkapkan bahwa dirinya merasa gugup sebelum mengikuti ujian. “Nervous tentunya ada, tapi bagaimana caranya kita meyakinkan diri sendiri untuk tenang, karena sudah latihan dari jauh hari. Intinya adalah percaya diri dengan kemampuan kita,” ujar Dita

Ujian kali ini dipandu oleh pelatih dari perguruan karate setempat, dengan setiap peserta diuji dalam berbagai aspek, seperti teknik dasar (kihon), jurus (kata), dan pertarungan (kumite). Para siswa menunjukkan kemampuan terbaik mereka untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi sesuai dengan hasil evaluasi.

Kegiatan UKT ini diharapkan dapat memotivasi para siswa untuk terus berlatih dan berprestasi dalam bidang olahraga, khususnya karate, baik di tingkat sekolah maupun kompetisi luar sekolah.

Sebagai penutup acara, sertifikat dan sabuk baru akan dibagikan kepada siswa yang berhasil lulus ujian pada upacara bendera mendatang.

MAN 1 Tegal terus berkomitmen mendukung perkembangan bakat siswa dalam bidang olahraga untuk mencetak generasi muda yang sehat dan berprestasi. (nuris)

Share:

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Slawi – Gerakan Pramuka Ambalan Sunan Kalijaga – Siti Fatimah MAN 1 Tegal kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan memborong juara...
Slawi –  Pasangan calon nomor 02 MPK (Majelis Permusyawarahan Kelas) atas nama Humaira Aura (XI.12) dan  Lulu Zaskia (XI.5) berhasil ...
Slawi –  Pasangan M. Mufti Nazar (XI.3) dan Sifatul Aisyah (XI.10) berhasil  unggul meraih suara terbanyak dalam dalam Pemilihan Umum...